Headlines News :

Tips Cara Mengetahui Bakat Manajerial Anda

Written By Unknown on Sabtu, 10 November 2012 | 01.08

engetahui kekuatan dan kelemahan pribadi akan membuat Anda bersinar di tempat kerja. Kenali bakat manajerial yang Anda miliki dan biarkan sukses datang menghampiri. Isitilah ‘jodoh’ bukan hanya berlaku dalam dunia percintaan. Dalam berkarier, Anda tentunya mendambakan pekerjaan yang ‘berjodoh’, alias sesuai dengan minat dan potensi pribadi. Selain karena lebih senang mengerjakannya, dengan memiliki kualifkasi yang tepat, perjuangan menggapai prestasi puncak juga akan lebih mudah dilakukan. Pernahkan Anda merasa amat lancar dalam mengerjakan suatu tugas tertentu, namun justru tersendat-sendat dlam tugas yang lain? Biasanya sih, itu bukan karena bobot pekerjaan yang lebih ringan atau lebih berat. Melainkan karena Anda memiliki bakat alias potensi yang diperlukan untuk menyelesaikannya. Makanya, pada pakar manajemen, termasuk Dr. Larsa V. Shanina, penulis buku Understanding Managerial Talent, serta dosen University of Quebec en Outaouais, Canada, menyarankan unutk sedari awal mengenali bakat yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda tahu di mana letak kekuatan serta bias segera melakukan perbaikan yang diperlukan. Secara garis besar, bakat manajerial seseorang terbagi atas 3 bidang, yaitu:
1. Developing/Initiating (Melontarkan Inisiatif). Ini adalah kemampuan untuk menginisiasi suatu proyek atau menemukan peluang-peluang yang sepenuhnya bersifat baru. Ciri-ciri orang yang memiliki kemampuan dalam bidang ini adalah, ia akan tampak cemerlang kala mengikuti rapat brainstorming. Baik yang sifatnya spontan ataupun terencana, ide-ide brilian dari Anda akan mengalir keluar tanpa terbendung. Kemampuan untuk berpikir ‘out if the box’ menjadikan orang yang memilki bakat pemecahan masalah. Anda akan merasa pas ketika dilibatkan dalam pengelolaan sistem kerja baru, penggodoka brand-image perushaan yang baru, atau memutuskan di masa akan perusahaan dan bagaimana tampilan kantor cabang yang baru. Menanamkan visi di dalam benak orang lain adalah keahlian yang penting dimiliki oleh setiap pemimpin. Anak buah akan menyukai tipe manajer seperti ini karena mereka selalu tampak penuh energi dan mampu memberikan inspirasi bagi orang-orang yang bekerja dengannya. Atasan pun menyukai bawahan yang kaya akan ide kreatif untuk mengembangkan perususahaan.
2. Planning (Membuat Perencanaan). Seorang yang memiliki kemampuan menyusun perencanaan biasanya sekilas menampilkan kesan pesimis. Dengan cepat, ia akan mendeteksi adanya titik lemah serta kekurangan dalam suatu idea tau rencana. Namun jangan salah, dengan kecepatan yang sama pula,ia akan menemukan strategi untuk mengatasinya. Seorang perencana menyukai tipe pekerjaan yang terkait dengan penyusunan strategi. Kemampuan analitis yang cukup membuat Anda mampu mengolah suatu peta kerja secara detil dan sekaligus menunjukkan jalur mana yang mesti dilalui oleh tim yang Anda pimpin. Memiliki perencanaan yang matang membuat Anda nyaris bebas dari hambatan berarti kala beraksi. Atasan dan anak buah sama-sama menyukai seorang manajer yang memiliki kemampuan seperti ini. Pembawaanya tenang, realistis, serta jauh dari kesan ‘IKDR’ alias ‘indah kabar dari realita’. Ketika melontarkan suatu usulan, is sudah mempertimbangkan betul kekurangan dan kelebihannya sehingga tidak menyulitkan orang lain dalam implementasinya.
WARNING :
  • Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda, Komentar Anda sangat berguna demi kelangsungan Blog saya
  • Do not Forget Leave Your Comment Your comments are very useful for the survival of my Blog
Thank's you (Terima Kasih)

Tentang saya

Saya Muzzamil Hidayat Terlahir dari Rahim Ibu saya yang bernama Suratmi. saya lahir di Kota Klaten pada tanggal 28 Desember dan saya mempunyai saudara perempuan yang bernama Rizki Nurul Khasanah. saya mempunyai cita-cita ingin menjadi Desaign Grafis yang handal.dan apakah anda tau mengapa saya memilih itu sebagai cita-cita?jawabanya karena saya suka dengan pekerjaan seperti itu..hehehe…simpel tapi menghasilkan banyak keuntungan.itulah sedikit tentang saya. Maaf jika ada Kesalahan Dalam Menulis Artikel Mohon Di Maklumi.
Follow aku di Twitter, Facebook


Artikel Terkait